Home » » Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Written By LINGGAR on Monday, November 21, 2011 | 3:41 AM

 Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Pengertian Disabilitas

Disabilitas adalah keti­dak­mampuan untuk terlibat dalam akti­vitas penting yang berguna karena keter­batasan fisik maupun mental yang diten­tukan secara medis.
UU No. 4/1997  Psl. 1 menyebutkan bahwa penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan hambatan baginya untuk melakukan kegiatan secara selayaknya, yang terdiri dari : disabilitas fisik, disabilitas mental ,serta disabilitas fisik dan mental (ganda).
Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) memberikan definisi disabilitas ke dalam 3 kategori, yaitu: impairment, disability dan handicap . Impairment disebutkan sebagai kondisi ketidaknormalan atau hilangnya struktur atau fungsi psikologis, atau anatomis. Sedangkan Disability adalah ketidakmampuan atau keterbatasan sebagai akibat adanya impairment untuk melakukan aktivitas dengan cara yang dianggap normal bagi manusia. Adapun handicap, merupakan keadaan yang merugikan bagi seseorang akibat adanya imparment, disability, yang mencegahnya dari pemenuhan peranan yang normal (dalam konteks usia, jenis kelamin, serta faktor budaya) bagi orang yang bersangkutan.
secara singkat World Health Organization (WHO) memberikan de­finisi disabilitas sebagai keadaan terbatasnya kemampuan untuk me­lakukan aktivitas dalam batas-batas yang di­anggap normal.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, kata disabilitas dapat diartikan dalam berbagai makna, seperti: 1) kekurangan yang menyebabkan mutunya kurang baik atau kurang sempurna (yang terdapatpada badan, benda, batin atau ahlak). 2). Lecet (kerusakan, noda) yang menyebabkan keadaannya menjadi kurang baik (kurang sempurna); 3). Cela atau aib; 4 ). Tidak (kurang sempurna). Dari pengertian tersebut dapat diperhatikan bahwa disabilitas dalam Bahasa Indonesia selalu dikonotasikan dengan kemalangan, penderitaan atau hal yang patut disesali/ dikasihani. Anggapan ini dengan sendirinya membentuk opini publik bahwa penyandang cacat yang dalam Bahasa Inggris disebut disabled person itu adalah orang yang lemah dan tak berdaya.
jadi kesimpulan pengertian disabilitas menurut saya adalah keti­dak­mampuan untuk terlibat dalam suatu aktivitas  yang berguna karena keter­batasan fisik maupun mental yang diten­tukan secara medis.

Pandangan masyarakat terhadap penyandang disabilitas
kebanyakan orang menganggap disabilitas adalah makhluk abnormal, seperti anak-anak, membahayakan, aneh, tidak menarik, tidak mandiri, selalu membutuhkan perlindungan, tidak produktif, anti sosial dan memiliki kesehatan yang buruk
Share this article :

1 komentar:

  1. Yuk rame-rame dukung kontes disabilitas di Indonesia biar meriah..disabilitas di Indonesia harus ditingkat, ditingkatkan apanya?? ditingkatkan akan kepedulian dan kasih sayang terhadap para disabilitas...
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Informasi Lengkap Online | Curhat Pengalamant

    ReplyDelete

Blog ini dofollow, jadi silahkan berkomentar dengan bijak

Software

More on this category »

Trik Internet Gratis

More on this category »
 
Support : Jasa SEO
| Mr. Google | google | Ping Feedcat Copyright © 2013. hack-3r blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template and jasa SEO murah
Proudly powered by Blogger Disabilitas dan Pandangan Masyarakat - hack-3r blog
-->